Jawa Pos, 11 Feb 2018
UMAR WIRAHADI/JAWA POS

 

INSPIRATIF: Moh. Qosim (tengah) wefie bersama peserta para pemuda berprestasi setelah talk show yang digelar Yayasan Pemuda Juara kemarin.

GRESIK – Pemuda zaman now harus punya tekad meraih prestasi. Mereka akan menjadi pemimpin publik di masa depan. Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Moh. Qosim di hadapan seratus anak muda di Hotel Sapta Nawa kemarin (10/2). ’’Saya ajak anakanak muda untuk punya mimpi dan cita-cita besar,’’ ujarnya.

Kegiatan yang diadakan Yayasan Pemuda Juara (YPJ) itu diikuti sekitar seratus pemuda asli Kota Pudak. Mereka terdiri atas pelajar SMA hingga mahasiswa. Program tersebut merupakan bagian dari pembinaan karakter yang diselenggarakan YPJ.

Qosim meminta peserta menghindari hal-hal yang menjerumuskan. Misalnya, penyalahgunaan narkoba. Pemuda, lanjut dia, harus fokus mengejar prestasi. Dia juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. ’’Kegiatan ini bagus untuk meningkatkan motivasi,’’ katanya.

Selain itu, Qosim secara simbolis menyerahkan beasiswa kepada 24 peserta yang dinilai berprestasi. Bukan hanya secara akademik, tetapi juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Salah satunya, Farhan Abdillah Dalimonthe. Pemuda 20 tahun itu tercatat sebagai presiden BEM Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). ’’Saya jadi lebih bersemangat untuk terus mengejar prestasi,’’ ucap Farhan.

Selain Qosim, forum tersebut menghadirkan Dalu Nuzulul Kirom. Dia adalah pendiri Ternaknesia. Sebuah wadah bagi peternak Jawa Timur untuk mengembangkan usaha ternak. ’’Kehadiran pemuda harus bermanfaat untuk orang lain,’’ kata alumnus teknik elektro ITS itu.

Direktur YPJ Boy Cahyo Prihanto menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan memompa semangat dan memotivasi para pemuda. Pengembangan diri bisa dilakukan organisasi, bisnis, maupun kegiatan social.melalui organisasi, bisnis, maupun kegiatan sosial.